Kamis, 06 Mei 2010

Tidur Untuk Sehat

dr. Irsyad H



Posisi Tidur

Pepatah kuno mengatakan : Para raja suka tidur diatas punggung mereka (terlentang), orang-orang kaya tidur diatas perut mereka (tengkurap), sedangkan orang bijak tidur diatas salah satu lambungnya (miring).

Ingin kami isyaratkan disini posisi tidur yang biasa di ambil Rasulullah SAW dan diikuti dengan segala keimanan oleh para tokoh muslim adalah tidur miring di atas lambung kanannya, kedua betisnya sedikit ditekuk, dan tangan kanan diletakkan di bawah pipi, sambil menghadap arah kiblat. Dan posisi ini sama persis dengan posisi janin di dalam rahim ibu.

Dari serangkaian informasi dan penelitian, dari aspek psikologi posisi tidur mirip janin di atas merupakan posisi yang diambil orang bijak, sedangkan dari psikologi dan fisik posisi ini merupakan posisi relaksasi yang paling ideal dan membiasakan posisi tidur demikian akan memberikan rasa nyaman dan aman bagi tubuh.



Ketika seseorang tidur tengkurap, maka setelah beberapa saat dia akan merasakan sesak nafas Karena tumpuan berat tulang punggung menghalangi dada untuk mengembang dan menyusut saat menarik dan mengeluarkan nafas. Posisi seperti ini juga berdampak pada terjadinnya lekukan paksa pada urat leher belakang dan gesekan organ-organ reproduksi dengan alas tidur, sehingga mendorong terjadinnya sex by-self. Selain itu kesulitan pernafasan yang diakibatkan posisi tersebut akan melelahkan jantung dan otak.

Seorang peneliti yang mencatat dan mempublikasikan semuannya bahwa terjadi peningkatan angka kematian mendadak pada anak-anak yang tidur tengkurap sehingga tiga kali lipat disbanding anak-anak yang tidur miring. Dengan demikian kesesuaian berbagai riset modern ini dengan larangan Rasulullah SAW untuk tidur dengan posisi demikian jelas menunjukkan sisi kemukjizatan tersendiri. Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.hu, "Rasulullah SAW melihat seorang laki-laki tidur di masjid dengan posisi tengkurap, menelungkupkan wajahnya, maka beliau pun berseru, dan menegur ini adalah posisi tidur yang di benci Allah SWT dan Rasul-Nya. "Hadist lain yang diriwayatkan Abu Umamah r.hu "Suatu Ketika Rasulullah saw. Menghampiri seorang laki-laki di masjid dengan posisi tengkurap, menelungkupkan wajahnya, beliau langsung menendang kakinya sambil berseru, "Bangun dan duduklah, sesungguhnya posisi tidur yang demikian adalah posisi tidur dineraka jahannam."



Sementara itu tidur terlentang bisa menyebabkan pernafasan mulut, karena ketika tidur terlentang diatas punggung mulut akan membuka dengan sendirinya akibat relaksasi tulang rahang bawah. Pernafasan mulut yang diakibatkan posisi tidur terlentang lambat laun orang akan beresiko terserang radang selaput lendir di hidung dan tenggorokan yang disertai keluarnya lendir serta flu selama musim hujan, disamping akan menyebabkan kekeringan gusi yang berujung pada radang gusi dan memancing kasus-kasus laten yang diakibatkan pembesaran dan pembengkakan gusi. Dalam posisi tidur seperti ini, gerakan rahang bawah dan uvula akan berlawanan dengan celah rongga belakang hidung dan menghalangi aliran pernafasan, sehingga timbulah dengkuran atau dengusan. Orang yang menggunakan pernafasan mulut kadang bangun tidur dengan lidah tertutup lapisan putih yang tidak biasannya, ditambah bau mulut yang tidak sedap.



Posisi tidur miring ke bagian kiri juga tidak benar pasalnya, dalam posisi demikian jantung akan berada di bawah paru-paru kanan yang lebih besar daripada yang sebelah kiri. Hal ini akan melemahkan fungsi jantung dan menurunkan kinerjannya, terutama pada orang tua. Lambung yang penuh juga kan menekan jantung, sehingga semakin menambah tekanan pada jantung dan liver. Liver adalah organ dalam rongga perut sebelah kanan yang terberat namun termaka liver akan menekan jantung dan lambung sehingga akan memperlambat dan menunda pengosongan perut (lambung).

Eksperimen yang dilakukan Goltech dan Postech membuktikan bahwa perjalanannya makanan dari lambung menuju usus terjadi dalam waktu 2,5-4,5 jam jika seseorang tidur dengan posisi miring kekanan, sedangkan pada orang yang tidur miring ke kiri hal tersebut berlangsung selama 5-8 jam.



Tidur miring ke kanan adalah posisi yang sehat, karena paru-paru kiri lebih kecil daripada kanan, sehingga beban jantung lebih ringan, liver bisa lebih independen, tidak bergantung semenara lambung bertengger di atasnya dengan posisi tenang, dan menurut kami adalah cara yang paling mudah untuk mengkosongkan makanan yang ada di dalamnya setelah dicerna.

Tidur pada posisi miring ke kanan adalah salah satu langkah medis paling impresif yang mempermudah fungsi batang tenggorokan kiri dalam mempercepat sekresi lendir. Faktor penyebab terjadinnya pelebaran batang tenggorokan sebelah kiri tanpa yang kanan disebabkan batang tenggorokan sebelah kanan secara bertahap merangkak naik keatas dengan posisi sedikit condong, sehingga mempermudah pembuangan bahan-bahan yang dikeluarkan melalui bulu-bulu tenggorokan. Sedangkan batang tenggorokan sebelah kiri berposisi tegak lurus, sehingga menyulitkan pembuangan zat-zat sekresi ke atas. Akibatnya sekresi-sekesi tersebut menumpuk dicuping bagian bawah dan menyebabkan pelebaran batang tenggorokan di dalamnya. Dan salah satu gejalannya adalah seringnya buang lender di pagi hari. Penyakit ini terkadang bisa menjalar hingga menimbulkan bermacam-macam penyakit yang mengerikan, seperti bisul pada paru-paru dan penyakit ginjal. Dan obat terbaru bagi para penderita adalah tidur dengan posisi miring ke kanan.


---------------------------------------------------------------------
dr. Irsyad H, adalah pengasuh tetap rubrik "Kesehatan Keluarga" Majalah MAYAra yang diterbitkan setiap bulannya oleh Ma'hadul 'Ibadah al-Islami Tambak Bening Surabaya Indonesia.
Sumber : Majalah MAYAra Edisi 85 Th.VIII/September 2009 M/Ramadlan-Syawal 1430 H

---------------------------------------------------------------------
Foto :
http://ikkyu08.files.wordpress.com/2009/02/tidur.jpg
http://shinekoramon.files.wordpress.com/2009/09/tidur.jpeg
http://taufik79.files.wordpress.com/2009/01/purnama.jpg
http://alzyress.files.wordpress.com/2009/11/kebangkitan-islam.jpg
http://i94.photobucket.com/albums/l82/cute_pict/lembahsunyi_001.jpg